Meyembuhkan TMJ-D (Temporo Mandibular Joint) Disorder: Cepat dan Gratis

Meyembuhkan TMJ-D (Temporo Mandibular Joint) Disorder: Cepat dan Gratis

Halo semua 😀 , Kali ini cuma mau sharing bagaimana mengatasi dan meredakan penyakit Temporo Mandibular Joint Disorder (disingkat TMJ-D) atau bahasa Indonesia nya Kelainan Sendi Rahang dengan cara mudah, cepat dan gratis, semuanya berdasarkan pada pengalaman sendiri.

Buat yang belum tau, Temporomandibular joint (TMJ) sendiri bukanlah nama penyakitnya, tapi itu termasuk organ tubuh berbentuk seperti engsel yang menghubungkan antara tulang rahang dengan tengkorak. Gangguan TMJ dapat menyebabkan nyeri pada sendi rahang dan otot-otot yang berperan dalam gerakan kontrol rahang.

Nah, ciri-ciri dan gejala umum TMJ-D adalah ➡

  • Rasa sakit di sekitar wajah, terutama di persendian rahang, engsel, kadang leher dan bahu, di dalam atau dekat telinga sewaktu mengunyah, dan berbicara atau membuka mulut lebar-lebar.
  • Tidak dapat buka mulut lebar, hanya 2 cm saja atau lebih kecil
  • Rahang yang tidak dapat digerakkan lagi pada posisi mulut tertutup atau terbuka
  • Bunyi klik-klak (Clicking), terdengar suara pada saat membuka atau menutup mulut (yang mungkin atau tidak disertai oleh rasa sakit)
  • Kesulitan mengunyah atau gigitan yang tidak nyaman yang terjadi secara tiba-tiba – seperti bila gigi atas dan bawah tidak dalam posisi yang tepat.
  • Terasa ada cricking atau bunyi pecahan tulang.
  • Rahang terkadang mengunci, tidak mau membuka atau menutup.
  • Pembengkakan pada sisi wajah gejala umum yang lain termasuk sakit gigi, sakit kepala, sakit leher, pusing, sakit telinga dan masalah pendengaran, ini adalah efek samping dari gejala diatas :roll:
  • Susah tidur??, ini juga efek samping gejala.

Lalu penyebabnya apa sih Sakit TMJ-D ini??

Ada beberapa, diantaranya

  • Suka menggerus gigi secara gak sadar.
  • Gigi suka gemeretak sewaktu tidur, Kreeettt… kreett gitu lah pokoknya :mrgreen:
  • Stress
  • Suka menggigit-gigit benda-benda keras dan gak jelas seperti kuku, pensil, pulpen, martil dsb.
  • dll Penyebab lain

Nah, apa ada yang sudah sadar??, oke langsung saja bahas cara mengatasinya 😉

Cara Mengatasi Sakit TMJ-D (Temporo Mandibular Joint Disorder) Mudah, Cepat dan Gratis.

Setau saja, sakit TMJ ini alias kelainan sendi rahang ini tidak ada obatnya, pada dasarnya pun ini bukan disebut sebagai penyakit, tapi hanya kelainan sendir rahang saja, istilahnya seperti keseleo pada tubuh, tapi konteksnya tidak sama, jadi kita sebut penyembuhan ini dengan Terapi.

Langkah pertama 

  1. Istirahat mulut dulu, jangan diolahragakan seperti misalnya makan permen karet atau sesuatu yang kenyal dan keras.
  2. Jangan menggeretakkan gigi waktu sadar.
  3. Usahakan antara gigi atas dan gigi bawah tidak bersentuhan, istilahnya rahang ini harus diistirahatkan, juga kurangi bicara.
  4. Kalo dirasa sakitnya udah luar biasa, Hmm,,, pakai aja asam mefenamat (kalo gitu udah gak gratis dong 😆 , tapi daripada sakit?? )

Langkah kedua

Nah, saya cari-cari referensi di Internet, penyembuhan sakit ini tuh bisa di rentang 6-10 bulan, edan juga tuh, tapi saya sendiri sembuh hanya dalam 1 bulan, bagaimana caranya?

Awalnya susah banget makan hanya dengan 2 cm terbuka, itupun tidak bisa makan yang keras-keras, makan kacang aja sakit, apalagi rendang :mrgreen: , beberapa kali makan bubur deh.

Yang harus dilakukan adalah beberapa hal yang membuat otak kita melakukan hal dibawah sadar kita, yaitu menguap, tapi itu tidak mudah…

Nah, solusinya, kalo punya laptop, PC atau minimal TV lah, sering-sering nonton sampai larut malam, nonton film yang seru akan membuat kita melongo (ndolop :mrgreen: ) atau bisa juga nonton anime, asal jangan film bokep aja, nanti gak varokah. Juga bisa baca buku, novel atau kamus sebagai alternatif lain.

Bila kurang tidur dan mengantuk, maka akan menguap, saat itu lah mulut yang seharian hanya terdiam dan istirahat otomatis terpaksa terbuka dan merenggangkan sendi-sendi nya, hingga berbunyi kreteeekkkkk….!!

Bunyi ini mirip dengan bunyi waktu kita memutar badan, kepala atau menarik jari-jari kita. Ketika sudah berbunyi seperti otot yang bergeser, maka otot bakal lebih lega, silahkan diukur apa mulutnya bisa membuka lebih lebar??

Biasanya momen ini bakal terjadi dalam 2-3 hari sekali, kadang pagi kadang malam, jangan memaksa membuka mulut sendiri hingga kesakitan, otak kita bakal merespon ini sebagai tindakan menyakiti diri sendiri dan itu gak ada gunanya.

Saya sendiri sudah bisa membuka normal mulut hanya dalam 1 bulan kurang, tapi rasa sakit mungkin masih ada, rasa sakit bisa terasa hingga berbulan-bulan selanjutnya, tapi saya rasa itu bukan masalah karena setiap orang hasilnya tentu berbeda.

Hasil ini bisa jadi tidak berhasil untuk setiap orang, karena gejala kelainan ini berbeda untuk tiap orang, walaupun pada dasarnya sama, kami tidak bertanggung jawab terhadap apa yang terjadi nantinya, kalo sembuh ya Syukur, tapi kalo ternyata hasilnya berbeda, berarti kelainan tersebut berada di tingkatan yang lain.

Semoga bermanfaat 😉

30 Comments

Leave a Reply